Title (Judul)
|
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE
DALAM MATAKULIAH PENGATURAN MESIN LISTRIK
|
Author (Penulis)
|
Hamonangan Tambunan
|
Abstract (Abstrak)
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem e-learning dalam bentuk pembelajaran berbasis website. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang melibatkan mahasiswa, guru SMK, dan dosen. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: (1) analysis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implemementasi;dan (5) evaluasi. Data, yang dianalisis
secara deskriptif, dikumpulkan melalui studi literature, reviu ahli, pengamatan, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis menunjukkan bahwa kebutuhan dasar kegiatan pembelajaran dalam mata kuliah pengaturan mesin listrik, adalah: (1) pengelolaan bahan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) penyajian materi; (4) dapat diunduh oleh siswa; (5) proses pembelajaran inkuiri; (6) proses evaluasi; dan (7) bahan tersebut
dibuat dalam bentuk animasi.
|
Introduction (Pembukaan)
|
Pendahuluan
Produk yang
dihasilkan oleh penulis menghasilkan produk berupa media pembelajaran
IPA berbasis web. sekaligus mengetahui tingkat kelayakan dan
keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web.
|
Methods (Methode)
|
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Research and Development (Borg dan Gall 1983) pada JPTE dengan melibatkan mahasiswa, guru SMK dan dosen untuk mengembangkan produk pembelajaran berbasis website pada jaringan internet untuk mata kuliah pengaturan mesin listrik. Tahapan penelitian adalah (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation
|
Result (Hasil)
|
Hasil skor penilaian
kelayakan produk melalui uji Produk media pembelajaran berbasis web pada
mata kuliah pengaturan mesin listrik telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran
berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,98
dengan kategori “Baik”, ahli media dengan nilai rata-rata 4,07 dengan
kategori “Baik”, uji coba lapangan awal diperoleh rata-rata penilaian sebesar
4,13 dengan kategori “Baik” dan uji coba lapangan utama diperoleh nilai gain. produk ini dapat digunakan dengan baik.
|
|
|
Conclusion (Kesimpulan)
|
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis website dalam pengaturan mesin listrik dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam menunjang kegiatan pembelajaran, yaitu (1) memenuhi pengelolaan data materi pembelajaran; (2) memenuhi proses pembelajaran secara kontruktivis; (3) disajikan dengan materi pembelajaran yang interaktif; (4) dapat diunduh oleh mahasiswa, dan menampilkan materi dalam bentuk link; (5) memenuhi proses pembelajaran secara inkuiri, yang disajikan dengan fasilitas pencarian (search) materi, sarana forum diskusi, dan kontribusi aktif (komentar); (6) memenuhi proses evaluasi sehingga dapat diketahui tingkat penguasaan mahasiswa tentangmateri pembelajaran; (7) materi dibuat dalam bentuk animasi dengan menggunakan macromedia flash, video, dan teks.
Bentuk desain sistem, yaitu (1) desain proses dengan diagram alir dan diagram arus data; (2) desain basis data dengan Entity Relationship Diagram; dan (3) desain antarmuka dengan menggunakan gui desain. Analisis kebutuhan menunjukkan proses pembelajaran berbasis web dalam matakuliah pengaturan mesin listrik memenuhi kebutuhan (1) pengelolaan data tema, topik, dan sub topic; (2) menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk tulisan, presentasi, dan link; (3) menampilkan media pembelajaran interaktif; (4) pencarian materi (search); (5) menyediakan sarana diskusi antara
dosen dengan mahasiswa dan antarmahasiswa; (6) menyediakan sarana bagi pengguna untuk memberikan kontribusi aktif; (7) pengelolaan data latihan soal dan evaluasi. Analisis hasil desain pembelajaran berbasis web dalam matakuliah pengaturan mesin listrik menunjukkan (1) komponen-komponen
yang membangun model-model diagram arus data dalam desain perancangan pembelajaran berbasis web sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhanm dasar dalam pembelajaran; (2) desain antarmuka yang dibuat sesuai dengan proses
yang digambarkan dalam diagram arus data dan sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran berbasis web pengaturan mesin listrik; (3) proses validasi atas potongan program dibuat untuk mengetahui pembuatan program sesuai dengan kebutuhan.
|
References
|
Beck, CE & Schornack, GR. 2003. Theory and Practice for Distance Education: A Heuristic Model for the Virtual Classroom. USA: Idea Group Publishing.
Borg, Walter R.& Gall, Meredith D. 1983. Edu-cational research: an introduction. 4Edition. USA: Longman.
Conrad, Kerri & Voris, Alvin C. 2002. Instruc-tional Design for Web-Based Training.USA: HRD Press.
Gilbert, & Jones, M. G. 2001. E-learning is e-Normous. Electric Perspectives.Vol.26, No. 3, 2001, pp. 66-82.
Gralbreath, Sally & Brenda Smith.1996. Esour-ce-Based Learning. London: Kogan Age Limited.
Hsiao, Hsien-Sheng et.al. 2012. “Implementing a Self-Regulated WebQuest Learning System for Chinese Elementary Schools.” Australasian Journal of Educational Technology, 2012, Vo.28, No.2, pp.315340.
http://www.ascilite.org.au/ajet/ajet-28/hsiao-hs.html.
Keeton, M. T. 2004. “Best Online Instructional Practices: Report of Phase I of an Ongoing Study," Journal of Asynchronous Learning Networks, Vol. 8, No. 2, 2004, pp. 75–100.
Lee, William W & Owens, Diana L. 2000. Mu-ltimedia-based Instructional Design: Computer-Based Training; Web-Based Training; Distance Broadcast Training; Performance-Based Solutions, Second th
Perrin, Kay M. & Mayhew, Dionne. 2000. The Reality of Designing and Implementing an Internet-based Course. Florida: University of South Florida, College of Public Health.
Pressman, Roger S. 2000. Interactive E-source to Accompany Software Engineering. USA: McGraw-Hill.
Rosenberg, M. J. 2001. E-learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digitalage.NewYork: McGraw-Hill.
Seddon, Jennifer M. 2012. “ICT-Supported, Scenario-Based Learning in Preclinical Veterinary Science Education: Quantifying Learning Outcomes and Facilitating the Novice-Expert Transition.” Australasian Journal of Educational Technology. 2012, Vol.28, No.2, 214-231. http://www.ascilite.org.au/ajet/ajet28/seddon.html.
Smith, Patricia L. and Ragan, Tillman J. 2005. Instructional Design. Third Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.
Stone, Biz. 2002. Blogging: Genius Strategies For Instant Web Content. USA: New Riders Publishing.
Tiwari, Rajiv and Singh, Khilawan. 2011. “Vir-tualisation of Engineering Discipline Experiments for an Internet-Based Remote Laboratory.” Australasian Journal of Educational
Technology, Vol.27, No. 4, 2011, pp. 671-692. http://www.ascilite.org.au/ajet/ajet27/tiwari.html
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar