Tulisan blog ini hanya perjalanan hidup...ambil manfaatnya saja..

Mengatasi jamur/ gatal pada selangkangan

Inea cruris adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, bokong, dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya infeksi jamur ini adalah iklim panas, lembab, higiene sanitasi, pakaian serba nilon, pengeluaran keringat yang berlebihan, trauma kulit, dan lingkungan

Penatalaksanaan tinea kruris dapat dibedakan menjadi dua yaitu higienis sanitasi dan terapi farmakologi. Melalui higienis sanitasi, tinea kruris dapat dihindari dengan mencegah faktor risiko seperti celana dalam yang digunakan, hendaknya dapat menyerap keringat dan diganti setiap hari.

Selangkangan atau daerah lipat paha harus bersih dan kering. Hindari memakai celana sempit dan ketat, terutama yang digunakan dalam waktu yang lama.

Menjaga agar daerah selangkangan atau lipat paha tetap kering dan tidak lembab adalah salah satu faktor yang mencegah terjadinya infeksi pada tinea kruris. Jamur diduga berpindah ke sela paha melalui kuku jari-jari tangan yang dipakai menggaruk sela paha setelah menggaruk kaki atau melalui handuk.

Untuk mencegah infeksi berulang, daerah yang terinfeksi dijaga agar tetap kering dan terhindar dari sumber-sumber infeksi serta mencegah pemakaian peralatan mandi bersama-sama.

Medikamentosa yang digunakan adalah obat antijamur, dapat berupa salep (bila lesi jamur tidak terlalu lebar) atau obat minum. Salep antijamur (ketokonazol, mikonazol) digunakan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh.

Pengobatan dengan obat yang diminum diperlukan jika lesi luas atau gagal dengan pengobatan topikal.

sumber: http://meetdoctor.com/
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Pengikut

Pengunjung Online