Tulisan blog ini hanya perjalanan hidup...ambil manfaatnya saja..

DEMONSTRAKSI KONTEKSTUAL MODUL 1.3 TENTANG VISI GURU PENGGERAK


Perubahan adalah proses dimana kita memiliki kesempatan untuk belajar. Dalam proses tersebut kadang kita merasa mudah kadang kita merasa sulit. Landasan yang digunakan untuk perubahan dengan metode Inkuiri apresiatif. Metode Inkuiri apresiatif merupakan landasan berpikir tentang perubahan yang berfokus pada upaya kolaboratif (kooperatif dan ko-evolusi) untuk menemukan hal hal terbaik (positif) dalam diri seseorang, organisasi, dan lingkungan sekitar.


Ki Hajar Dewantara memprakarsai perubahan dengan asas TRIKON yaitu:

  1. Kontinue artinya perubahan harus dilakukan secara berkesinambungan dan berpikir untuk perubahan dimasa depan.
  2. Konvergen artinya perubahan merupakan penyamaan visi sehingga bisa saling bekerja sama untuk menuju ke titik temu/ visi.
  3. Konsetris artinya walaupun terdiri dari berbagai latar belakang, kultur, karakteristik tetapi bisa berdampingan bersama untuk mewujudkan perubahan.
Dalam proses mewujudkan Prakarsa perubahan memerlukan alat bantu yang bisa digunakan untuk mengelola apapun yang diperlukan yaitu dengan tahapan BAGJA. Berikut tahapan BAGJA:

1.       Buat Pertanyaan

2.       Ambil pelajaran

3.       Gali mimpi

4.       Jabarkan Rencana

5.       Atur eksekusi

Tugas modul 1.3 adalah membuat visi sebagai guru penggerak yang dijabarkan dalam tahapan BAGJA. Visi merupakan pandangan/ tujuan apa yang ingin dicapai oleh seseorang, organisasi dll. Visi juga merupakan harapan dan doa untuk bisa memberi semangat, menguatkan, menggerakan hati untuk berkolaborasi untuk kita terus melangkah maju. Rumusan Visi saya adalah “Menjadi pemimpin pembelajaran yang berkarakter, kolaboratif, kreatif dan inovatif sehingga bisa memotivasi dan menginspirasi guru lain maupun murid”. Dari visi saya membuat prakarsa perubahan yaitu mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa gotong royong anak.

Berikut tahapan BAGJA tentang prakarsa perubahan saya:

1. Buat pertanyaan

2. Ambil pelajaran









3.  Gali mimpi

4. Jabarkan Rencana









5. Atur eksekusi


Mari bersama-sama kita wujudkan visi ini untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih gemilang!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Pengikut

Pengunjung Online