Selama ini saya telah mempelajari
2 modul yaitu Modul 1.2 yang mempelajari salah satu topik yaitu tentang
paradigma nilai dan peran guru penggerak. Modul ini menjadi nilai-nilai yang
harus dimiliki untuk menjalankan tugasnya sebagai guru penggerak. Setidaknya
ada lima nilai yang harus dimiliki yaitu berpihak pada murid, mandiri,
reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Sedangkanyang pertama yaitui modul 1.1
saya belajar tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hajar
Dewantara. Modul ini membahas bagaimana cara guru menuntun siswa belajar yang
sesuai dengan kodrat alam (karakteristik, bakat minat, dan tumbuh kembang) dan
kodrat zaman sehingga menjadi manusia beradab dan tercipta kebahagian diri sendiri, negara dan
alam.
Pada aktifitas kali ini, saya
melakukan refleksi untuk mengerjakan tugas koneksi antar materi modul 1.2
dengan menggunakan model 4P. Setelah saya mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2
saya belajar tentang:
Peristiwa
Momen yang
paling penting dan mencerahkan bagi saya Ketika saya mempelajari modul 1.1
tentang filosofi menuntun siswa dalam belajar sesuai kodrat alam dan kodrat
zaman dan semboyan triloka. Sedangkan di modul 1.2 saya mempelajari tentang
nilai dan peran guru penggerak sehingga bisa tergerak, bergerak maupun
menggerakkan lingkungan sekitar.
Modul 1.1 dan modul 1.2 sangat erat kaitannya Dimana guru harus bisa memberi dorongan, menguatkan dan memberi contoh untuk menuntun siswa dalam proses belajar sehingga selaras dengan nilai-nilai maupun peran guru penggerak untuk mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.
Perasaan
Selama saya mengikuti Pendidikan guru penggerak ini saya sangat senang dan bangga karena jurusan kuliah saya ilmu murni sehingga selama kuliah saya belum pernah mendapatkan ilmu tentang Pendidikan. Di Pendidikan guru penggerak ini saya belajar tentang hal baru tentang dunia Pendidikan. Saya merasa banyak sekali ilmu yang belum pernah saya pelajari. Semoga dengan mengikuti Pendidikan guru penggerak ini saya bisa menjadi guru yang lebih baik lagi sehingga bisa menginspirasi murid maupun teman sejawat.
Pembelajaran
Sebelumnya saya berpikir bahwa siswa hanya diukur berdasarkan dari prestasi akademik tanpa menilai proses dalam pembelajaran, sekarang saya berpikir memberikan proses pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sehingga bisa memberikan pembelajaran yang bermakna. Sebagai seorang guru penggerak saya juga harus bisa menerapkan nilai-nilai dan peran guru penggerak sehingga bisa menciptakan perubahan pendidikan di lingkungan sekitar.
Penerapan
Setelah saya
belajar saya akan menerapkan : a) melaksanakan
pembelajaran yang berpihak pada murid yang disesuaikan dengan karakteristik dan
kebutuhan belajar murid; b.) melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dengan
melakukan ice breaking dan permainan dalam pembelajaran; c) memberikan media
pembelajaran dan sumber belajar yang interaktif dan inovatif; d) membuat
refleksi setiap pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk evaluasi
pembelajaran yang akan datang; e) mengikuti pelatihan secara mandiri secara
sukarela; f) menghidupkan komunitas belajar yang ada disekolah.
Salam dan Bahagia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar