Tulisan blog ini hanya perjalanan hidup...ambil manfaatnya saja..

Refleksi Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

Salam dan Bahagia


Metode yang saya gunakan untuk merefleksikan modul 1.2 adalah 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan)





PERISTIWA

1.       Mulai dari diri

Pada hari selasa tanggal 2 Juli 2024, saya mulai mempelajari modul 1.2 secara mandiri tentang:

a.  Membuat trapesium usia yang berisi tentang peristiwa positif dan negatif selama masa sekolah

b.       Mengidentifikasi nilai dan peran seorang guru







2. Eksplorasi konsep

Pada tanggal 3 Juli 2024, saya melakukan eksplorasi konsep yaitu:

a.       Hubungan antara emosi, cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, motivasi intrinsik dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai diri seseorang

b.       Makna Profil Pelajar Pancasila

c.       Makna nilai-nilai guru penggerak yang diperlukan

d.       Makna peran guru penggerak






3.       Ruang Kolaborasi

Pada tanggal 5 Juli 2024, saya melakukan ruang kolaborasi yaitu bersama dengan teman sekelas dalam ruang kolaborasi melalui gmeet yang difasilitasi oleh fasilitator kami  Bapak Ajik Susanto, S.Si. pada saat itu dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 3 anggota dan saya mendapat kelompok ke tiga dengan beranggotakan saya, ibu jumiyati, dan ibu dyah ayu winarti putri.












4.       Ruang Kolaborasi-Presentasi

Pada tanggal 8 Juli 2024 kami melakukan kolaborasi yaitu mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami. Kami mempresentasikan pertama kali yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak yang setiap anggota miliki dan memilih salah satu peran yang mewakili kelompok kami yang dituangkan dalam kegiatan disekolah. Setelah semua kelompok selesai presentasi, bapak ajik mengarahkan kami untuk saling berkirim surat terimakasih yang dikirimkan ke rekan yang telah menginspirasi juga kepada pak ajik selaku fasilitator.



5.       


Elaborasi Pemahaman

Pada tanggal 11 Juli 2024 saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman konsep lewat gmeet dengan instruktur Bapak Surya Herdiansyah.

6.       Demonstrasi Kontekstual

Pada tanggal 11 Juli 2024 saya membuat tugas dengan mengirim text entry dalam bentuk teks panjang.

7.       Pendampingan pengajar praktik ke 1

Pada hari kamis tanggal 11 Juli 2024 kami melaksanakan pendampingan oleh pengajar praktik ibu Sri indhah




PERASAAN

Hal yang sangat saya rasakan adalah senang, semangat dan tertarik. Perasaan itu saya peroleh karena saya memperoleh pengalaman baru dari memahami karakteristik teman, dengan memahami karakteristik teman kami bisa menyatukan pemikiran dari masing-masing anggota kelompok. Tak kalah saya belajar ilmu pengetahuan baru tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak.

 

PEMBELAJARAN

Mempelajari modul 1.2 saya mendapatkan banyak pembelajaran antara lain:

1.       Memahami bagaimana cara kerja otak manusia dalam berpikir, sistem berpikir manusia dibagi menjadi 2 yaitu pertama sistem berpikir cepat seperti kita menuruni anak tangga eskalaotr yang bergerak turun. Bergerak tanpa sadar dan energi dapat terkonvergensi. Kedua adalah sistem berpikir lambat seperti kita menaiki tangga eskavator yang bergerak turun. Membutuhkan banyak energi dan jika berhenti maka otomatis kita ikut turun.

2.       Teori gunung es. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara kita menilai karakter orang lain. Kita menilai tidak hanya yang nampak saja, tetapi kita juga harus melihat yang tidak tampak seperti gunung es yang bagian bawah maish banyak yang tidak terlihat.

3.       Lima kebutuhan dasar manusia

1.       Kebutuhan bertahan hidup

2.       Kebutuhan kasih sayang dan rasa diterima

3.       Kekuasaan dan penguasaan

4.       Kebutuhan kebebasan

5.       Kebutuhan kesenangan

Sebagai guru harus mampu memenuhi 5 kebutuhan dasar ini sehingga siswa dapat menemukan jati diri sesuai dengan bakat dan minatnya.

4.       Tahap tumbuh kembang anak menurut ki hajar dewantara dibagi menjadi tiga tingkatan per 8 tahun (windu) sedangkan menurut Erik Erikson dibagai menjadi 6 tahapan.

5.       Memahami nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu IMTAK dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berbhineka tunggal ika, bernalar kritis dan kreatif.

6.       Memahami nilai-nilai guru penggerak yang harus dimiliki yaitu berpihak pada murid, kolaboratif, mandiri, reflektif dan inovatif. Selain itu juga peran guru penggerak yang harus dimiliki seperti pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid dan menggerakkan komunitas praktisi.

 

PENERAPAN

Setelah mempelajari dan memahami modul 1.2 terkait nilai-nilai dan peran guru penggerak hal yang akan saya lakukan antara lain:

1.       Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan belajar murid.

2.       Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan ice breaking dan permainan dalam pembelajaran.

3.       Memberikan media pembelajaran dan sumber belajar yang interaktif dan inovatif.

4.       Membuat refleksi setiap pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk evaluasi pembelajaran yang akan datang.

5.       Mengikuti pelatihan secara mandiri secara sukarela.

6.       Menghidupkan komunitas belajar yang ada disekolah.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Pengikut

Pengunjung Online