Salam dan Bahagia
Metode yang saya gunakan untuk merefleksikan modul 1.2 adalah 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan)
PERISTIWA
1.
Mulai dari diri
Pada hari selasa tanggal 2 Juli 2024, saya mulai
mempelajari modul 1.2 secara mandiri tentang:
a. Membuat trapesium usia yang berisi tentang
peristiwa positif dan negatif selama masa sekolah
b. Mengidentifikasi nilai dan peran seorang guru
2. Eksplorasi konsep
Pada tanggal 3 Juli 2024, saya melakukan
eksplorasi konsep yaitu:
a.
Hubungan antara emosi, cara kerja otak, 5
kebutuhan dasar manusia, motivasi intrinsik dan struktur sistemik lingkungan
dalam pembentukan nilai-nilai diri seseorang
b.
Makna Profil Pelajar Pancasila
c.
Makna nilai-nilai guru penggerak yang diperlukan
d.
Makna peran guru penggerak
3.
Ruang Kolaborasi
Pada tanggal 5 Juli 2024, saya melakukan ruang
kolaborasi yaitu bersama dengan teman sekelas dalam ruang kolaborasi melalui
gmeet yang difasilitasi oleh fasilitator kami
Bapak Ajik Susanto, S.Si. pada saat itu dibagi menjadi 3 kelompok dan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 anggota dan saya mendapat kelompok ke
tiga dengan beranggotakan saya, ibu jumiyati, dan ibu dyah ayu winarti putri.
4.
Ruang Kolaborasi-Presentasi
Pada tanggal 8 Juli 2024 kami melakukan kolaborasi
yaitu mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami. Kami mempresentasikan
pertama kali yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak yang setiap anggota
miliki dan memilih salah satu peran yang mewakili kelompok kami yang dituangkan
dalam kegiatan disekolah. Setelah semua kelompok selesai presentasi, bapak ajik
mengarahkan kami untuk saling berkirim surat terimakasih yang dikirimkan ke
rekan yang telah menginspirasi juga kepada pak ajik selaku fasilitator.
5.
Elaborasi Pemahaman
Pada tanggal 11 Juli 2024 saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman konsep lewat gmeet dengan instruktur Bapak Surya Herdiansyah.
6.
Demonstrasi Kontekstual
Pada tanggal 11 Juli 2024 saya membuat tugas
dengan mengirim text entry dalam bentuk teks panjang.
7.
Pendampingan pengajar praktik ke 1
Pada hari kamis tanggal 11 Juli 2024 kami
melaksanakan pendampingan oleh pengajar praktik ibu Sri indhah
PERASAAN
Hal yang sangat saya rasakan adalah senang, semangat dan tertarik. Perasaan
itu saya peroleh karena saya memperoleh pengalaman baru dari memahami karakteristik
teman, dengan memahami karakteristik teman kami bisa menyatukan pemikiran dari
masing-masing anggota kelompok. Tak kalah saya belajar ilmu pengetahuan baru
tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak.
PEMBELAJARAN
Mempelajari modul 1.2 saya mendapatkan banyak pembelajaran antara lain:
1.
Memahami bagaimana cara kerja otak manusia dalam
berpikir, sistem berpikir manusia dibagi menjadi 2 yaitu pertama sistem
berpikir cepat seperti kita menuruni anak tangga eskalaotr yang bergerak turun.
Bergerak tanpa sadar dan energi dapat terkonvergensi. Kedua adalah sistem
berpikir lambat seperti kita menaiki tangga eskavator yang bergerak turun.
Membutuhkan banyak energi dan jika berhenti maka otomatis kita ikut turun.
2.
Teori gunung es. Hal ini berkaitan dengan
bagaimana cara kita menilai karakter orang lain. Kita menilai tidak hanya yang
nampak saja, tetapi kita juga harus melihat yang tidak tampak seperti gunung es
yang bagian bawah maish banyak yang tidak terlihat.
3.
Lima kebutuhan dasar manusia
1.
Kebutuhan bertahan hidup
2.
Kebutuhan kasih sayang dan rasa diterima
3.
Kekuasaan dan penguasaan
4.
Kebutuhan kebebasan
5.
Kebutuhan kesenangan
Sebagai guru harus mampu memenuhi 5 kebutuhan
dasar ini sehingga siswa dapat menemukan jati diri sesuai dengan bakat dan
minatnya.
4.
Tahap tumbuh kembang anak menurut ki hajar
dewantara dibagi menjadi tiga tingkatan per 8 tahun (windu) sedangkan menurut
Erik Erikson dibagai menjadi 6 tahapan.
5.
Memahami nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
yaitu IMTAK dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berbhineka tunggal
ika, bernalar kritis dan kreatif.
6.
Memahami nilai-nilai guru penggerak yang harus
dimiliki yaitu berpihak pada murid, kolaboratif, mandiri, reflektif dan
inovatif. Selain itu juga peran guru penggerak yang harus dimiliki seperti
pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan
kepemimpinan murid dan menggerakkan komunitas praktisi.
PENERAPAN
Setelah mempelajari dan memahami modul 1.2 terkait nilai-nilai dan peran
guru penggerak hal yang akan saya lakukan antara lain:
1.
Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid
yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan belajar murid.
2.
Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dengan
melakukan ice breaking dan permainan dalam pembelajaran.
3.
Memberikan media pembelajaran dan sumber belajar
yang interaktif dan inovatif.
4.
Membuat refleksi setiap pembelajaran yang telah
dilaksanakan untuk evaluasi pembelajaran yang akan datang.
5.
Mengikuti pelatihan secara mandiri secara sukarela.
6.
Menghidupkan komunitas belajar yang ada disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar