Tulisan blog ini hanya perjalanan hidup...ambil manfaatnya saja..

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

 Tugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.3 kali ini saya akan menulis tentang visi sebagai guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan ini ditulis berdasarkan kegiatan yang telah diikuti selama dua minggu mempelajarai modul 1.3 tentang visi guru penggerak dengan menyelesai aktivitas pembelajaran antara lain : mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata.

Jurnal dwi mingguan ini ditulis untuk melengkapi tugas pada modul 1.3 bahwa saya/CGP telah menyelesaikan pembelajaran di modul 1.3 tentang visi guru penggerak.

Penulisan jurnal dwi mingguan ini menggunakan konsep yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway  yaitu 4F ( 1. Fact; 2. Feeling; 3. Findings; and 4. Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan).

1.    Facts (Peristiwa)

Sesudah mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam dan mdoul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak dan sekarang saya sudah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Pembelajaran yang dilakukan di LMS menggunakan alur yang sama, baik pembelajaran modul sebelumnya maupun yang akan datang yaitu menggunakan alur MERDEKA. Berikut ini alur pembelajarannya:

a.       Mulai dari diri

Saya mempelajari modul 1.3 dimulai dengan membuka tautan mulai dari diri. Terdapat tugas yang sudah menantik yaitu membuat gambaran murid di masa depan. Disini saya membuat poster tentang murid impian saya yaitu memiliki nilai Kreatif dan inovatif, berkolaborasi tugas kelompok, beradab, dan beriman dan bertakwa.

b.       Eksplorasi Konsep

Pada alur eksplorasi konsep saya belajar tentang Inkuiri Apresiatif, pembuatan visi, tahapan ATAP dan tahapan BAGJA. Terdapat hal sangat menarik yang saya peroleh yaitu ketika ditugaskan berlatih untuk membuat alur tahapan BAGJA untuk mewujudkan prakarsa perubahan yang akan dilakukan. Pada tahap ini saya menyusun prakarsa perubahan dari visi yang telah saya buat yaitu Mencetak Generasi Emas yang Beriman, Berkarakter, Gotong royong, Kreatif dan Inovatif sebagai pelajar Pancasila.

c.       Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi adalah yang saya tunggu karena saya bisa bertemu dengan teman satu kelas, Bapak Ajik selaku fasilitator dan ibu Indhah sebagai Pengajar Praktik walaupun hanya secara virtual.  Pada kesempatan ini kami dibuat 2 kelompok untuk merumuskan visi bersama yang mewakili visi seluruh anggota kelompok. Kami berbagi tugas mulai dari pembuatan bahan presentasi dan saat presentasi. Saat presentasi hasil kelompok kami selalu memberikan apresiasi yang positif, kritik maupun saran yang membangun.

d.       Demosntrasi Kontekstual.

Pada Demonstrasi Kontekstual kali ini, adda tugas untuk membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Saya menemukan potensi dan kekuatan yang dapat membawa manfaat untuk murid.

e.       Elaborasi pemahaman

Pada tahap elaborasi pemahaman sebagai narasumber adalah ibu anggi. Beliau menjelaskan tentang pembuatan visi, Inkuiri apresiatif, paradigma perubahan, ATAP dan BAGJA. Dalam penyampaian materi ibu anggi memutarkan sebuah video sebagai pemantik materi sehingga mudah dalam penyampaian maupun pengimplementasian materi.

f.        Koneksi antar materi

Pada koneksi antar materi ada pertanyaan yaitu Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Jawaban digunakan untuk merumuskan visi saya sebagai guru penggerak.

g.       Aksi nyata

Pada aksi nyata saya akan membaut video dan jurnal yang ditulis di website portofolio.

h.       Lokakarya 1

Pada hari Sabtu tanggal 20 Juli di SMP N 1 Bantul di adakan Lokakarya 1 dimana tema kali ini yaitu komunitas praktisi. Loka kali ini dalam satu kelas ada 3 kelompok CGP dengan 3 pendamping. Pada loka 1 diawali dengan perkenalan tetapi dikonsep menjadi permaian koboy-koboyan setelah perkenalan dilanjut dengan pertanyaan pemantik tentang materi  dan dilanjut materi. Ditengah kegiatan juga selalu disisipkan permainan yang sangat menghibur sehingga sampai sore saya tidak merasa jenuh belajar maupun lelah. Banyak sekali permainan dan ilmu yang sangat bermanfaat terkait dengan komunitas praktisi pada lokakarya 1.

2.    Feeling (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak saya merasa antusias, semangat, senang dan tertantang. Saya sangat antusias karena mempelajari hal baru yang belum pernah saya pelajari maupun lakukan tentang pembuatan visi guru penggerak yang membuat saya lebih semangat menjalani sebagai guru penggerak. Saya jadi tahu tentang inkuiri apresiatif, prakarsa perubahan, ATAP dan BAGJA.

Dengan kesempatan bisa mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak saya sangat tertantang karena tidak semua orang bisa berkesempatan untuk mempelajari modul ini dan bagaimana saya bisa menyelesaikan tugas yang ada dimodul 1.3 sesuai dengan dateline yang telah disepakati disela kesibukan saya.

3.    Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran di modul 1.3 tentang guru penggerak saya menemukan materi tentang

a.        Inquiri Apresiatif yaitu pendekatan manajemen perubahan dengan metode kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA adalah merubah mindset seseorang sehingga bisa memandang sesuatu secara positif. Untuk mewujudkan itu perlu adanya Trikon yaitu kontinue, konvergen, dan konsentris.

b.       Prakarsa perubahan bahwa untuk mewujudkan perlu menggunakan alat bantu yang bisa disingkat ATAP ( Aset, Tantangan, Aksi, Pembelajaran). Gali semua kelebihan dan kurangan yang diperlukan untuk menaklukan Tantangan dalam prakarsa perubahan yang akan kita lakukan berupa tabel.

c.       Saya juga mempelajari tentang komponen yang digunakan untuk mewujudkan visi perubahan yaitu BAGJA

·      Buat pertanyaan

·      Ambil pelajaran

·      Gali mimpi

·      Jabarkan rencana

·      Atur eksekusi

 

4.    Future (Penerapan)

Penerapan yang bisa lakukan pada modul 1.3 yaitu

a.       Ikut merumuskan visi sekolah bersama teman sejawat dan kepala sekolah sehingga visi bisa berpihak pada murid

b.       Menjadi bagian dari prakarsa perubahan dengan membuat program maupun pembiasaan pembelajaran yang sesuai dengan nilai profil pelajar pancasila sehingga berpihak kepada murid.

c.       Saya akan memsosialisasikan tentang paradigma inkuiri apresiatif, penggunaan ATAP untuk memprakarsai perubahan dan penggunaan BAGJA untuk mewujudkan sebuah visi.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Pengikut

Pengunjung Online