Tugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.3 kali ini saya akan menulis tentang visi sebagai guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan ini ditulis berdasarkan kegiatan yang telah diikuti selama dua minggu mempelajarai modul 1.3 tentang visi guru penggerak dengan menyelesai aktivitas pembelajaran antara lain : mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata.
Jurnal dwi
mingguan ini ditulis untuk melengkapi tugas pada modul 1.3 bahwa saya/CGP telah
menyelesaikan pembelajaran di modul 1.3 tentang visi guru penggerak.
Penulisan jurnal
dwi mingguan ini menggunakan konsep yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu 4F ( 1. Fact; 2. Feeling; 3. Findings;
and 4. Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3.
Pembelajaran; dan 4. Penerapan).
1.
Facts (Peristiwa)
Sesudah
mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam dan
mdoul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak dan sekarang saya sudah
mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Pembelajaran yang dilakukan di
LMS menggunakan alur yang sama, baik pembelajaran modul sebelumnya maupun yang
akan datang yaitu menggunakan alur MERDEKA. Berikut ini alur pembelajarannya:
a.
Mulai dari diri
Saya mempelajari modul 1.3 dimulai dengan membuka tautan mulai dari diri. Terdapat
tugas yang sudah menantik yaitu membuat gambaran murid di masa depan. Disini saya
membuat poster tentang murid impian saya yaitu memiliki nilai Kreatif dan inovatif,
berkolaborasi tugas kelompok, beradab, dan beriman dan bertakwa.
b.
Eksplorasi Konsep
Pada alur eksplorasi konsep saya belajar tentang Inkuiri Apresiatif, pembuatan
visi, tahapan ATAP dan tahapan BAGJA. Terdapat hal sangat menarik yang saya
peroleh yaitu ketika ditugaskan berlatih untuk membuat alur tahapan BAGJA untuk
mewujudkan prakarsa perubahan yang akan
dilakukan. Pada tahap ini saya menyusun prakarsa perubahan dari visi yang telah
saya buat yaitu Mencetak Generasi
Emas yang Beriman, Berkarakter, Gotong royong, Kreatif dan Inovatif sebagai pelajar
Pancasila.
c.
Ruang Kolaborasi
Ruang kolaborasi adalah yang saya tunggu karena saya bisa bertemu dengan
teman satu kelas, Bapak Ajik selaku fasilitator dan ibu Indhah sebagai Pengajar
Praktik walaupun hanya secara virtual. Pada
kesempatan ini kami dibuat 2 kelompok untuk merumuskan visi bersama yang mewakili
visi seluruh anggota kelompok. Kami berbagi tugas mulai dari pembuatan bahan
presentasi dan saat presentasi. Saat presentasi hasil kelompok kami selalu
memberikan apresiasi yang positif, kritik maupun saran yang membangun.
d.
Demosntrasi Kontekstual.
Pada Demonstrasi Kontekstual kali ini, adda tugas untuk membuat
rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai
melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak
pada murid. Saya menemukan potensi dan kekuatan yang dapat membawa manfaat
untuk murid.
e.
Elaborasi pemahaman
Pada tahap elaborasi pemahaman sebagai narasumber adalah ibu anggi. Beliau menjelaskan
tentang pembuatan visi, Inkuiri apresiatif, paradigma perubahan, ATAP dan
BAGJA. Dalam penyampaian materi ibu anggi memutarkan sebuah video sebagai
pemantik materi sehingga mudah dalam penyampaian maupun pengimplementasian materi.
f.
Koneksi antar materi
g.
Aksi nyata
Pada aksi nyata saya akan membaut video dan jurnal yang ditulis di website portofolio.
h.
Lokakarya 1
Pada hari Sabtu tanggal 20 Juli di SMP N 1 Bantul di adakan Lokakarya 1
dimana tema kali ini yaitu komunitas praktisi. Loka kali ini dalam satu kelas ada
3 kelompok CGP dengan 3 pendamping. Pada loka 1 diawali dengan perkenalan
tetapi dikonsep menjadi permaian koboy-koboyan setelah perkenalan dilanjut
dengan pertanyaan pemantik tentang materi
dan dilanjut materi. Ditengah kegiatan juga selalu disisipkan permainan
yang sangat menghibur sehingga sampai sore saya tidak merasa jenuh belajar
maupun lelah. Banyak sekali permainan dan ilmu yang sangat bermanfaat terkait
dengan komunitas praktisi pada lokakarya 1.
2.
Feeling (Perasaan)
Setelah mempelajari modul 1.3
tentang visi guru penggerak saya merasa antusias, semangat, senang dan tertantang.
Saya sangat antusias karena mempelajari hal baru yang belum pernah saya
pelajari maupun lakukan tentang pembuatan visi guru penggerak yang membuat saya
lebih semangat menjalani sebagai guru penggerak. Saya jadi tahu tentang inkuiri
apresiatif, prakarsa perubahan, ATAP dan BAGJA.
Dengan kesempatan bisa
mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak saya sangat tertantang karena
tidak semua orang bisa berkesempatan untuk mempelajari modul ini dan bagaimana
saya bisa menyelesaikan tugas yang ada dimodul 1.3 sesuai dengan dateline yang
telah disepakati disela kesibukan saya.
3.
Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran di modul 1.3
tentang guru penggerak saya menemukan materi tentang
a.
Inquiri
Apresiatif yaitu pendekatan manajemen perubahan dengan metode kolaboratif dan
berbasis kekuatan. IA adalah merubah mindset seseorang sehingga bisa memandang
sesuatu secara positif. Untuk mewujudkan itu perlu adanya Trikon yaitu
kontinue, konvergen, dan konsentris.
b.
Prakarsa perubahan bahwa untuk mewujudkan perlu
menggunakan alat bantu yang bisa disingkat ATAP ( Aset, Tantangan, Aksi,
Pembelajaran). Gali semua kelebihan dan kurangan yang diperlukan untuk
menaklukan Tantangan dalam prakarsa perubahan yang akan kita lakukan berupa
tabel.
c.
Saya juga mempelajari tentang komponen yang
digunakan untuk mewujudkan visi perubahan yaitu BAGJA
· Buat pertanyaan
· Ambil pelajaran
· Gali mimpi
· Jabarkan rencana
· Atur eksekusi
4.
Future (Penerapan)
Penerapan yang
bisa lakukan pada modul 1.3 yaitu
a.
Ikut merumuskan visi sekolah bersama teman sejawat
dan kepala sekolah sehingga visi bisa berpihak pada murid
b.
Menjadi bagian dari prakarsa perubahan dengan membuat
program maupun pembiasaan pembelajaran yang sesuai dengan nilai profil pelajar
pancasila sehingga berpihak kepada murid.
c.
Saya akan memsosialisasikan tentang paradigma
inkuiri apresiatif, penggunaan ATAP untuk memprakarsai perubahan dan penggunaan
BAGJA untuk mewujudkan sebuah visi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar