Tulisan blog ini hanya perjalanan hidup...ambil manfaatnya saja..

Sudah dan Akan saya lakukan setelah menjadi guru penggerak?

 


Salam dan Bahagia

Tiga tahun?saya rasa waktu 3 tahun itu merupakan waktu yang cukup lama. Dimana kita sebagai guru penggerak sudah bisa mencoba berbagai metode pembelajaran sesuai dengan nilai-nilai guru penggerak yang sudah didapat dalam pelatihan. Berikut ini saya sampaikan kegiatan yang sudah maupun yang akan saya lakukan setelah 3 tahun menjadi guru penggerak.



1. Berpihak pada murid

sebagai guru penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan murid daripada kepentingan yang lain dalam proses pembelajaran di kelas. Hal yang sudah dan akan saya terapkan yaitu :

a. Menerapkan pembelajaran berpusat pada murid yaitu menggunakan model pembelajaran berbasis game base learning maupun proyek sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Memahami kebutuhan dan minat individu siswa yaitu dengan membuat asesmen awal sehingga bisa mengetahui gaya belajar, minat dan bakat siswa.

2. Mandiri

Sebagai guru penggerak diharuskan memiliki nilai mandiri dimana kita dituntut untuk terus belajar sepanjang hayat. Dimana kita harus mengembangkan diri kita sendiri tanpa harus menunggu perintah atau tugas dari sekolah, dinas atau pihak terkait. Hal yang sudah dan akan saya lakukan yaitu :

a. Berperan aktif dalam mengembangkan Komunitas belajar di sekolah

b. Berperan aktif secara mandiri mengikuti pengembangan profesi guru melalui MGMP

c. Berperan aktif mengikuti berbagai macam diklat maupun pelatihan

3. Reflektif

Sebagai guru penggerak memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Dengan mengamalkan nilai reflektif, guru penggerak memanfaatkan pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu. Hal yabg sudah dan akan saya lakukan yaitu:

a. Melakukan diskusi dengan teman sejawat sehingga mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang bisa dijadikan perbaikan proses pembelajaran kedepan.

b. Menelaah hasil supervisi dari guru senior untuk memperbaiki proses pembelajaran

c. Melakukan kegiatan reflektif setiap akhir pelajaran.

4. Kolaboratif

Sebagai seorang guru penggerak harus memperhatikan pentingnya kesalingtergantungan yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal yang sudah dan akan saya terapkan yaitu :

a. Berkolaborasi dengan rekan sejawat maupun kepala sekolah untuk menciptakan model pembelajaran maupun media pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga bisa berpihak pada siswa.

b. Berkolaborasi dengan kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa untuk menciptakan sekolah ramah anak dengan membuat kesepakatan peraturan sekolah.

c. Berkolaborasi dengan kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

5. Inovatif

Seorang guru penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Dengan demikian, nilai inovatif ini juga mengisyaratkan penguatan semangat kreasi dan pemberdayaan aset/kekuatan yang ada di sekolah untuk mewujudkan visi bersama. Hal yang sudah dan akan saya lakukan yaitu :

a. Melakukan pembelajaran yang inovatif dan interaktif dengan menerapkan pembelajaran game base learning, pembelajaran berbasi proyek maupun masalah.

b. Membuat konten video pembelajaran yang interaktif maupun menarik.

c. Membuat media pembelajaran interaktif.

d. Membuat digitalisasi sekolah, misal penilaian berbasis CBT dan SIAKAD.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Pengikut

Pengunjung Online